Desember 2

Mengobati Nyeri Haid dengan Cara dan Bahan Alami

Mengobati Nyeri Haid dengan Cara dan Bahan Alami

Kebanyakan wanita disetiap haid atau menstruasi mereka selalu mengalami yang namanya nyeri haid. Ya…. nyeri pada saat haid memang sangat mengganggu dan sangat tidak nyaman.  Nyeri saat haid disebabkan karena otot rahim dan syraf-syaraf pada rahim berkontraksi yang mana kontraksi tersebut disebabkan oleh hormon postraklatin yang keluar sebelum haid, semakin banyak hormon yang keluar semakin sakit pula nyeri haid yang di derita. Dan jika di antara anda saat ini mengalami nyeri haid, cobalah mengobati nyeri haid dengan cara dan bahan alami di bawah ini, yang akan membantu anda mengurangi rasa nyeri bahkan menghilangkan rasa nyeri pada saat haid.

Baca juga: 3 manfaat zaitun untuk kecantikan rambut

Berikut beberapa cara alami yang bisa membantu anda untuk mengatasi rasa nyeri haid:

  1. Mengompres perut dengan air hangat.
  2. Menggosok peruk dengan perlahan dengan tangan setrta oleskan minyak kayu putih atau minyak telon pada perut.
  3. Olah raga ringan yang sedikit demi sedikit akan mengurangi rasa nyeri pada haid.
  4. Jika cara di atas belum bisa mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri haid anda bisa membuat ramuan herbal yang terbuat dari daun luntas, asam jawa, garam yang mana semua bahan tersebut di campur dan rebus dan air rebusannya diminum 2 kali sehari hingga rasa nyeri pada haid hilang.

Itu beberapa cara alami yang bisa anda lakukan ketika anda mengalami nyeri pada saat haid. selain cara alami di atas anda juga harus tahu beberapa bahan alami yang bisa mengurangi rasa nyeri haid seperti di bawah ini yang bisa anda buat ketika nyeri haid melanda.

Daun Mint

Rebuslah daun mint beserta teh, dan minumlah teh daun mint tersebut 2-3 kali sehari. dan rasakan rasa nyaman pada perut anda yang berangsur-angsur nyeri pada saat haid yang anda derita akan hilang dan sembuh.

Jahe

Jahe memang sangat di percaya dapat menghangatkan tubuh, yang mana jahe ini juga bisa mengatasi nyeri pada haid caranya 5cm jahe iris tipis-tipis kalu remukkan. Setelah itu rebus jahe pada panci dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas air. Tambahkan sedikit gula dan minum 3 kali sehari. pasti rasa nyeri pada perut anda akan hilang.

Asam jawa

Selain daun mint dan jahe, asam jawa juga memiliki manfaat untuk mengatasi nyeri haid caranya siapkan 3 buah asam jawa, 1 buah jeruk nipis, jahe, gula kelapa. dan air 3/4 gelas. Bersihkan semua bahan tersebut, parut jahe, dan ambil perasan air jeruk nipis. Kemudian campur semua bahan dengan asam jawa dan gula kelapa, aduk hingga merata dan saring airnya. Minum di saat menstruasi datang.

Selain melakukan cara alami dan meminum bahan alami tersebut, untuk mengatasi nyeri haid anda juga harus menghindari jenis minuman yang mengandung alkohol, kafein, soda dan gula.

 


Tag:

Posted Desember 2, 2015 by admin in category "haid

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *