Februari 18

Detoksifikasi Dengan Lidah Buaya

Detoksifikasi Dengan Lidah Buaya

Mengeluarkan racun di dalam tubuh akibat radikal bebas atau di sebut dengan detoksifikasi adalah sebuah hal yang cukup wajib di lakukan banyak orang. Dengan mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh atau detoksifikasi, pastinya badan akan tetap sehat, bugar dan jauh dari penyakit-penyakit yang menakutkan, bahkan detoksisfikasi juga berguna untuk mengurangi berat badan berlebih. Setiap hari tubuh selalu membutuhkan perlindungan yang ekstra, terutama jika  memiliki aktivitas di luar ruangan tentunya suasana yang tidak bersahabat seperti teriknya sinar matahari, polusi asap kendaraan bermotor, asap rokok, minuman beralkohol. Makanan yang tidak sehat, pola hidup tidak sehat dan lain sebagainya memiliki efek yang buruk untuk kesehatan tubuh seperti terjadi penuaan dini pada wajah. Untuk itu Anda memerlukan detoksifikasi atau proses untuk mengeluarkan racun minimal satu bulan sekali.

Ada banyak cara dalam hal detoksifikasi yang bisa Anda lakukan, bahan-bahan yang di butuhkan dalam mengeluarkan racun juga cukup beragam bahkan bahana-baha tersebut sangatlah mudah di dapat seperti salah satunya lidah buaya atau aloe vera. Bagi masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini, sudah dari jaman nenek moyang kita dulu lidah buaya memang menjadi tanaman yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit dan wajah seperti menghilangkan jerawat, merawat rambut dan juga menghilangkan keriput. Pada dasarnya sering mengkonsumsi lidah buaya pastinya tubuh akan tetap sehat, dan juga bugar, tapi hanya sedikit orang yang mau mengkonsumsi lidah buaya secara rutin, karena kebanyakan orang tidak tahu atau bahkan malas untuk membuat minuman dari lidah buaya. Sebenarnya ada banyak cara olahan lidah buaya yang berguna untuk detoksifikasi seperti membuat jus dan juga smoothie. Dan berikut ini cara-cara membuat minuman dektosifikasi dengan lidah buaya.

Jus lidah buaya untuk detoksifikasi

  1. Siapkan beberpa lembar daun lidah buaya dan juga jeruk atau buah lainnya yang memiliki rasa asam.
  2. Kupas daun lidah buaya buang bagian daun yang berduri dengan pisau kupas.
  3. Cuci dengan air yang sudah di rebus.
  4. Belah daun lidah buaya menjadi 2 bagian.
  5. Keruk gel dengan sendok makan, atau andajuga bisa memotong gel lidah buaya kecil-kecil.
  6. Tuang kedalam blender dengan jerukatau buah lainnyayang memiliki rasa asam.
  7. Blender hingga halus.
  8. Tuang ke dalam wadah kedap udara dan diamkan di dalam kulkas minimal 2 jam. Yang kemudian bisa Anda minum untuk detoksifikasi.

Smoothie lidah buaya

Cara membuat smoothie dengan lidah buaya untuk detoksifikasi adalah:

  1. Siapkan 1 lembar daun lidah buaya tua, 1 buah nanas, 1 ruas kunyit dan juga es batu secukupnya.
  2. Kupas semua bahan dan bersihkan dengan air bersih, lalu potong kecil-kecil.
  3. Campurkan semua bahan di dalam blender yang kemudian bisa anda blender hingga halus.
  4. Tambahakan es batu dan masukkan di dalam gelas untuk di minum.

Februari 5

Manfaat Daun Sirih Sebagai Obat Gatal Alami

Manfaat Daun Sirih Sebagai Obat Gatal Alami

 Daun sirih merupakan jenis tanaman merambat yang dapat hidup di daerah tropis maupun daerah dingin. Jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat ini tergolong sebagai tanaman hijau yang tidak memiliki pohon kayu yang kuat. Pada tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan herbal untuk kesehatan maupun bahan kecantikan alami contohnya sebagai penghilang bau badan , pembersih organ intim, digunakan sebagai obat penghenti mimisan dengan memanfaat daunnya, juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi secara alami dan juga dapat dimanfaatkan sebagai obat penghilang gatal. Karena banyaknya manfaat yang dikandung oleh daun sirih sampai-sampai tanaman ini banyak dijadikan sebagai produk untuk kecantikan dan kesehatan secara alami.

Tanaman yang dapat dimanfaatkan seluruh bagiannya ini tanpa Anda ketahui juga dapat digunakan sebagai obat gatal alami. Daun sirih memang dapat digunakan sebagai pereda gangguan gatal-gatal pada kulit seperti gangguan gatal karena gigitan nyamuk, gatal karena alergi makanan atau produk tertentu.

Setelah mengetahui manfaat yang dikandung oleh tanaman ini, berikut akan dijelaskan bagaimana cara memanfaatkan daun sirih sebagai obat gatal alami, caranya adalah sebagai berikut :

Cara Pertama daun sirih untuk obat gatal:

  • Petik bagian daun dari tanaman ini, ambil beberapa helai daun kemudian cuci dengan menggunakan air bersih, lalu rebus daun tersebut pada air yang mendidih.
  • Tunggu beberapa menit hingga daun meresap ke dalam air, setelah itu saring menggunakan saringan untuk diambil airnya saja.
  • Setelah itu campur air daun sirih tersebut dengan garam secukupnya, atau ambil 4 sampai 5 sendok garam lalu campur dan aduk sampai meresap.
  • Usapkan atau rendam bagian tubuh yang gatal ke dalam air sirih tersebut.

Cara Kedua :

  • Ambil beberapa helai daun sirih yang masih segar, kemudian cuci sampai bersih, kemudian rebus daun tersebut pada air yang sudah mendidih, tunggu beberapa menit hingga daun sirih meresap ke dalam air.
  • Setelah itu saring untuk diambil airnya saja.
  • Campurkan dengan menggunakan minyak kayu putih atau obat gatal lainnya, lalu aduk sampai merata.
  • Usapkan pada bagian tubuh yang mengalami gatal.

Cara Ketiga:

  • Caranya hampir sama dengan cara ke satu dan ke dua yaitu ambil beberapa helai daun sirih, lalu cuci sampai bersih dan rebus pada air mendidih kemidian disaring.
  • Ambil beberapa biji bawang merah, iris kecil lalu campurkan pada air sirih tersebut.
  • Anda juga dapat menggunakan cara lain yaitu ambil daun lalu tumbuk atau haluskan dengan bawang merah.
  • Usapkan atau oleskan pada tubuh yang mengalami gatal.

Itulah penjelasan mengenai cara memanfaatkan daun sirih sebagai obat gatal alami. Jika cara ini tidak berhasil segeralah bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan. (Baca: khasiat ceplukan untuk obat herbal alami)

 

Desember 18

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Merawat Rambut

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Merawat Rambut

Kebanyakan orang hanya tahu jika daun jambu biji memiliki manfaat untuk mengobati diare saja, padahal tidak. jambu biji juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti manfaat yang satu ini Jambu biji mampu menjadi bahan alami untuk merawat rambut. mungkin sebagian besar orang belum tahu tentang hal ini. Nah… untuk itu kali ini saya akan memberitahu anda manfaat apa saja yang dihasilkan oleh daun jambu biji ini untuk merawat rambut. Dan berikut ini beberapa manfaat daun biji untuk merawat rambut.

Sama dengan buah jambu, daun jambu biji juga memiliki banyak kandungan vitamin B, yang sangat berguna untuk merawat rambut.

Mengatasi rambut rontok

Manfaat daun biji untuk merawat rambut yang pertama adalah untuk mengatasi rambut rontok. Kebanyakan wanita memang sering mendapatkan masalah dengan rambut rontok. Bagi anda yang belum mencoba mengatasi rambut rontok dengan daun jambu biji, cobalah cara alami ini. Jika anda rutin menggunakan air rebusan daun jambu biji untuk keramas bisa dipastikan rambut anda tidak akan rontok lagi.

Menghilangkan ketombe

Apakah anda memiliki masalah dengan ketombe? jika iya cobalah mengatasinya dengan menggunakan cara alami menggunakan daun jambu biji ini. Tumbuk daun biji kemudian oleskan pada kulit kepala diamkan hingga 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Rambut Berminyak

Rambut yang lepek yang berminyak memang sangat terlihat mengganggu, yang mana rambut berminyak akan lebih mudah terkena kotoran. Manfaat daun jambu biji juga sangat berguna untuk merawat rambut untuk mengatasi rambut berminyak. caranya rendam daun jambu biji pada air panas hingga 20 menit, kemudian gunakan untuk keramas seperti biasanya tanpa menggunakan shampo. Karena jambu biji memiliki kandungan yang mampu mengatasi minyak berlebih pada rambut.

Mengusir Kutu Rambut

Apakah anda memiliki kutu pada rambut anda? dan anda membutuhkan cara untuk mengusirnya? cobalah mengusir kutu rambut dengan  menggunakan daun jambu biji. Cara alami yang satu ini cukup ampuh untuk mengusir kutu beserta telurnya, caranya blender daun jambu biji kemudian gunakan hasil blenderan tersebut untuk keramas seperti biasanya. Lakukan cara ini secara rutin untuk mengusir kutu di kepala anda minimal 1 kali dalam seminggu.

Itulah beberapa manfaat daun biji untuk merawat rambut, sebenarnya ada banyak sekali cara alami yang digunakan untuk merawat rambut seperti juga masker jeruk yang juga mampu untuk merawat rambut. Di atas tadi saya sudah menjelaskan bahwa daun jambu biji memiliki banyak vitamin B yang salah satunya sangat berguna untuk rambut. Dan perlu anda tahu juga selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut, vitamin B pada daun jambu biji juga berguna untuk memutihkan wajah, memperbaiki sel-sel kulit mati pada kulit dan banyak lainnya.